Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Flash memory

Flash memory akan tetap menyimpan data walaupun tidak ada tegangan listrik lagi. Karena itu kini ia memainkan peran kunci dalam semakin banyak perangkat elektronik.
Nama flash (kilat) datang dari cara pengorganisasian data yang khas pada microchip ini. Pada dasarnya, flash memory merupakan salah satu bentuk EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory). Data yang disimpan pada EEPROM dapat dihapus atau ditimpa dengan memberikan tegangan. Meskipun perangkat dimatikan, datanya masih tetap tersimpan. Ini membedakan flash memory dari jenis memory lain pada komputer seperti RAM (Random Access Memory). Keistimewaan flash memory adalah pengorganisasian data dalam blok, bukan dalam byte seperti biasanya. Setiap bloknya dapat ditulis atau dihapus. Blok-blok ini dapat ditulisi dalam satu tahap kerja yang disebut proses flashing, sehingga ia jauh lebih cepat dibandingkan EEPROM. Penghapusannya secepat kilat dilakukan dengan membuat “terowongan” elektron: Elektron dialirkan melalui sebuah material tipis yang bersifat dielektrik, menyebabkan muatan dari blok-blok ikut hanyut mengalir.
Karena tidak diperlukan nilai tegangan tertentu untuk menulisi flash memory, ia dapat diprogram ulang dalam sistem dimana ia berada. Ini membuatnya sangat praktis. Untuk EEPROM diperlukan perangkat khusus yang bekerja dengan tegangan lebih tinggi.
Berdasarkan struktur transistor di dalamnya, flash memory dapat dibedakan dalam beberapa versi: NOR dan NAND merupakan modifikasi yang paling banyak digunakan. NOR-flash dapat diakses dengan berbagai cara. Informasinya dapat dibaca sesering mungkin. dengan urutan yang tidak ditentukan. Pada chip semacam ini dapat disimpan kode program untuk aplikasi, misalnya game pada modul sega. Sebaliknya NAND-flash menuntut pembacaan secara sekuensial: Data hanya dapat dipanggil dengan urutan tertentu. Tipe chip ini lebih tepat untuk menyimpanan file.
Flash memory sering digunakan untuk menyimpan perintah kontrol, misalnya dalam BIOS (Basic Input Output System) komputer. Bila BIOS harus diubah, sistem penulisan blok sangat memudahkan hal itu. Namun flash memory tidak tepat untuk RAM, yang menuntut penulisan denga bytes. Lagipula, penulisan dan penghapusan pada flash memory lebih lambat dibandingkan pada RAM.
Karena mudah ditulisi, flash memory kini banyak digunakan dalam perangkat elektronik sebagai penyimpan data. Dalam tahun-tahun terakhir ini ia menjadi semakin penting. Selain pada PC, ia digunakan pada PC-card untuk notebook sebagai memory tambahan atau menyediakan data sistem dalam perangkat periferal. Selain itu, flash memory juga dapat ditemukan dalam handphone, kamera digital, perekam suara (diktator), dan organizer.
Ingin tau berapa kecepatan transfer data pada flash disk sobat? Software ini mempunyai kemampuan untuk mengetahui informasi tentang flash memory, backup data, mengembalikan file yang hilang, dan mengukur kinerja flash memory. Fasilitas terakhir yaitu File Benchmark adalah fasilitas yang akan kita gunakan untuk mengukur kinerja flash memory kali ini.
Memori kilat (flash memory) adalah sejenis EEPROM yang mengizinkan banyak lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemrograman. Istilah awamnya, dia adalah suatu bentuk dari chip memori yang dapat ditulis, tidak seperti chip memori akses acak/RAM, memori ini dapat menyimpan datanya tanpa membutuhkan penyediaan listrik. Memori ini biasanya digunakan dalam kartu memori, kandar kilat USB (USB flash drive), pemutar MP3, kamera digital, dan telepon genggam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

paul ojres daniell mengatakan...

perjuangan akibat kelemotoan hotspot :C

Posting Komentar